Design

Tips Desain Logo untuk Meningkatkan Kredibilitas

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kredibilitas suatu perusahaan, salah satunya adalah kualitas logo. Tidak heran jika banyak yang mencari informasi tentang tips desain logo yang efektif untuk meningkatkan kredibilitas. Apalagi membuat logo memang suatu tantangan yang menuntut kreativitas seorang desainer.

Kredibilitas sendiri diperlukan guna meyakinkan konsumen bahwa bisnis dan produk Anda bisa dipercaya. Jika dikaitkan dengan logo, maka desain logo Anda harus mampu memperkuat kesan bahwa perusahaan Anda memang profesional di bidang tersebut. Tanpa kredibilitas yang kuat, konsumen akan merasa ragu untuk menggunakan produk dan jasa Anda.

Dari segi kredibilitas, beberapa tips desain logo di bawah ini mungkin bisa Anda coba.

 

Tips Desain Logo : 3 Cara Mendongkrak Kredibilitas

  • Sesuaikan dengan Profil Bisnis

Tidak ada satu pun bisnis yang serba bisa di dunia ini. Sekalipun bisnis Anda menyediakan banyak jenis barang dan jasa, secara umum pasti masih berada di satu sektor yang sama. Tips desain logo pun perlu dikhususkan ke area yang terbatas. Bila memang bisnis Anda bekerja di lintas sektor, kami sarankan untuk memberikan penekanan pada salah satu sektor sebagai pilar utama.

Kemudian, sesuaikan logo Anda agar selaras dengan sektor tersebut. Tonjolkan kesan bahwa bisnis Anda terfokus pada suatu bidang. Ini akan menimbulkan persepsi di masyarakat bahwa bisnis Anda adalah spesialis di bidang tersebut. Kredibilitas pun terdongkrak berkat pembentukan persepsi spesialisasi ini.

 

  • Tanamkan Nilai-nilai Positif

Meskipun terlihat sederhana, sebuah logo mampu memberikan efek psikologis yang sangat kuat. Tanpa disadari, gambar logo mampu membentuk kesan dan persepsi di benak masyarakat. Anda harus mengikuti pedoman tips desain logo dengan titik berat pada nilai yang terkandung dalam sebuah logo.

Coba Anda pikirkan, persepsi apa yang ingin Anda tanamkan ke benak masyarakat mengenai perusahaan Anda? Apakah Anda ingin masyarakat melihat perusahaan Anda sebagai bisnis yang modern dan dinamis, atau lebih ditekankan pada kesan formal dan profesional? Apa pun itu, sesuaikan desain logo Anda dengan nilai yang ingin Anda tonjolkan.

 

  • Tunjukkan Dampak Positif

Dalam berbisnis, ada istilah Corporate Social Responsibility (CSR). Istilah ini merujuk pada tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat. Tanggung jawab sosial bisa diwujudkan dengan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, donasi, pembinaan, dan sebagainya. Tips desain logo pun bisa memanfaatkan CSR untuk menguatkan kredibilitas.

Tonjolkan dampak positif yang bisa Anda berikan pada masyarakat, terutama yang berkaitan langsung dengan bisnis Anda. Perusahaan kertas dan tissue misalnya, menggalakkan penanaman pohon untuk menjaga kelestarian alam dan llingkungan. Setelah itu, tunjukkan sisi ini ke dalam logo Anda untuk menjelaskan bahwa bisnis Anda memberi dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

 

Membangun Kredibilitas Dengan Desain Logo

Desain logo yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan aksi dan upaya nyata guna membuktikan bahwa perusahaan Anda benar-benar kompeten dan terpercaya. Optimalkan promosi dan publikasi dengan memperhatikan unsur-unsur kredibilitas. Serta menggunakan logo dengan mengacu pada tips desain logo yang kami uraikan di atas.