Design

Tips Desain Logo untuk Branding Maksimal

Dalam menjalankan strategi branding, semua aspek pemasaran harus berkolaborasi. Kami menyajikan tips desain logo karena perannya yang sangat penting dalam menyukseskan branding. Bahkan logo menjadi aspek utama yang selalu ditonjolkan berdampingan dengan nama perusahaan.

Tidak ada branding yang sukses tanpa logo yang efektif. Memahami kriteria logo yang ideal adalah hal yang wajib Anda ketahui. Terutama bila Anda sedang berencana untuk membuat atau mengubah logo untuk perusahaan Anda. Kami sangat menyarankan untuk membaca tips-tips di bawah ini terlebih dahulu.

 

Tips Desain Logo untuk Branding yang Lebih Kompetitif

  • Unik dan Mudah Dibedakan

Tips desain logo yang pertama adalah membuat logo yang beda dari yang lain. Logo adalah identitas yang akan membedakan Anda dari brand kompetitor. Untuk memenangkan branding, logo Anda harus benar-benar relevan dan identik dengan keunikan bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya, jika Anda memiliki usaha online shop, maka penggunaan gambar tas belanja atau keranjang belanja sudah terlalu mainstream. Jika Anda memang berniat menggunakan kedua gambar tersebut, lakukan modifikasi seperlunya agar gambar Anda terlihat unik dan mudah dibedakan dari logo-logo kompetitor.

 

  • Menarik dan Eye-catching

Daya tarik adalah salah satu aspek terpenting dalam tips desain logo. Tentu saja, logo Anda harus mampu menarik perhatian masyarakat. Hal ini bisa Anda upayakan dengan pemilihan warna, gambar, maupun jenis dan ukuran huruf. Kombinasi antar elemen desain harus menciptakan harmoni yang efektif untuk keperluan branding.

Cara mudah untuk menguji daya tarik sebuah logo adalah dengan menggabungkannya ke dalam satu media bersama logo-logo kompetitor. Misalnya sebuah spanduk yang berisi puluhan logo perusahaan. Dari sini Anda bisa mengukur seberapa menariknya logo Anda dibandingkan logo-logo kompetitor. Usahakan agar logo Anda menjadi yang pertama kali mendapatkan atensi dari masyarakat.

 

  • Relevan untuk Jangka Panjang

Branding termasuk dalam strategi marketing jangka panjang. Dalam tips desain logo ini, kami menyarankan Anda untuk membuat logo yang relevan dan mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama. Caranya adalah dengan membuat logo yang terkesan kekinian, namun tidak terlalu trendy agar tidak kelihatan kuno di masa mendatang.

Contoh yang baik bisa Anda lihat pada logo Apple. Sebuah gambar apel yang termakan sebagian. Logo ini sederhana, filosofis, berkarakter, unik, dan mudah diingat. Bahkan hingga beberapa tahun mendatang, logo Apple akan tetap relevan dan tidak ketinggalan zaman. Jika Anda sedang mencari cara mendapat backlink dari Wikipedia, mungkin salah satu caranya adalah dengan membuat logo yang kuat seperti Apple.

 

Maksimalkan Branding dengan Tips Desain Logo Profesional

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, logo memegang peran sentral dalam branding dan pemasaran. Apa pun bidang usaha yang Anda jalankan, membuat logo yang baik tetap menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan. Itulah sebabnya kami memberikan tips desain logo untuk menambah wawasan Anda tentang kriteria logo yang ideal untuk memperkuat branding.