Property

Tanaman untuk Melengkapi Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Tanaman untuk Melengkapi Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Ketika berbicara tentang desain rumah kos kosan yang sehat, maka kos-kosan tersebut identik dengan tatanannya berikut:

  1. Rapi.
  2. Bersih,
  3. Nyaman.
  4. Banyak tanaman.
  5. Sejuk.

Karena dari itu, Anda perlu mengkombinasikan antara keterampilan desain interior dengan eksterior. Kenapa? Karena kos-kosan yang sehat bukan hanya sehat di kamar saja tapi secara keseluruhan.

Jika Anda sudah terlanjur memiliki kos tapi ingin mengubahnya menjadi desain rumah kos kosan yang sehat, Anda bisa kok menggunakan tanaman.

Tanaman inilah yang akan membantu udara dan suasana di kos menjadi lebih nyaman dan sejuk. Lalu, jenis tanaman seperti apa yang bisa digunakan? Ada yang tanaman rambat dan yang tidak, seperti berikut.

Tanaman untuk Melengkapi Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat
Tanaman untuk Melengkapi Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat
  • Pohon Dolar

Pohon Dolar merupakan tanaman yang aslinya berasal dari Afrika Timur. Zamioculcas zamiifolia ini bahkan bisa hidup di tempat dengan cuaca yang kering. Jadi, kalau Anda memiliki kos di tempat bercuaca kering, pohon dolar bisa digunakan.

(baca: tips desain interior)

Pohon dolar ini bisa Anda tanam di pot bisa juga dibiarkan merambat. Dengan begitu, dinding kos-kosan akan terlihat lebih hijau.

  • Monstera

Monstera saat ini cukup booming saat ini. Tanaman yang memiliki bentuk daun yang unik ini lebih cocok digunakan untuk interior ruangan.

Kalau Anda hendak menggunakan tanaman asal Meksiko ini, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari apakah tanaman tersebut bisa dirawat dengan baik atau tidak hingga keamanan tanaman tersebut.

Kenapa? Karena untuk saat ini, monstera cukup diminati dan memiliki harga jual yang tinggi. Jadi, kalau Anda keberatan menggunakan monstera, Anda bisa melakukannya di ruang khusus. Misalnya di kamar pemilik atau di ruang tamu.

  • Tradescantia

Tradescantia adalah tanaman hias gantung. Jadi, kalau Anda kekurangan lahan tanam, Anda bisa menggunakan tradescantia ini untuk menghiasi kos-kosan Anda.

Sekilas tradescantia terlihat biasa saja. Namun, ketika Anda memperhatikannya dengan baik, tradescantia ini memiliki ciri daun dengan corak bergaris dan ada bermacam-macam warna. Salah satunya adalah ungu, putih, hijau, silver.

Banyaknya pilihan warna ini memungkinkan Anda memilih tradescantia yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok tidaknya dengan kos Anda.  

  • Tillandsia

Tanaman tillandsia ini termasuk salah satu tanaman yang paling banyak Anda temukan di kos. Tillandsia juga termasuk tanaman yang mudah dirawat. Jadi, Anda tidak perlu pusing untuk merawat dan menumbuhkan tanaman.

Ukuran Tillandsia ini kecil sehingga bisa Anda tanam di luar ruangan, misalnya di taman tengah, atau di dalam kamar. Dengan penempatan tillandsia di kamar, akan membantu untuk membuat sirkulasi udara semakin baik.

Dengan beberapa jenis tanaman tersebut, desain kos yang biasa saja bisa menjadi desain rumah kos kosan yang sehat. Dengan begitu, kos-kosan akan lebih nyaman dan sehat.