Others

4 Faktor Memilih Background Produk Makanan yang Diperhatikan

4 Faktor Memilih Background Produk Makanan yang Diperhatikan

Dalam memotret produk makanan, Anda tidak bisa memotret seenaknya apalagi jika foto tersebut digunakan untuk menu ataupun iklan. Ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih background produk makanan seperti berikut ini.

  • Produknya

Tentu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah produknya. Apakah produk makanan, minuman, snack atau yang lainnya. Produk ini akan sangat menentukan konsep dari foto yang akan diambil, misalnya menentukan warna background dan aksesoris tambahan yang diperlukan.

4 Faktor Memilih Background Produk Makanan yang Diperhatikan
4 Faktor Memilih Background Produk Makanan yang Diperhatikan

Dari produk ini, Anda juga bisa menentukan apakah cocok untuk difoto di dalam atau luar ruangan atau hanya di salah satu ruangan saja. Misalnya hanya di studio atau hanya cocok di luar ruangan saja. Karena hal tersebut, tentukan terlebih dahulu produknya, setelah itu Anda bisa mengembangkan konsep foto produknya.

  • Warna

Setelah itu, Anda harus menentukan warna background produk makanan yang tepat. Kenapa perlu mempertimbangkan warna? Karena warna berpengaruh misalnya agar produk tersebut tetap menjadi fokus utama dan menarik untuk orang yang melihat. Misalnya, produknya berwarna putih, maka Anda tidak bisa menggunakan warna putih karena produk dan backround akan terlihat menyatu.

Pemilihan warna pada background tidak hanya ditentukan dari produknya namun juga konsep dan perusahaan atau pemilik. Misalnya jika Anda merupakan pemilik tempat makan dengan konsep casual, Anda bisa menggunakan background dengan warna pastel. Sedangkan untuk restoran dengan konsep mewah dan klasik, gunakan 1 warna saja misalnya hitam atau putih yang elegan.

  • Media

Untuk background yang digunakan dalam foto produk, sebagai penyedia jasa foto produk, Anda bisa berkreasi sesuka Anda. Bahkan Anda bisa berfoto di luar ruangan dan memaksimalkan apa yang ada di sekitar Anda.

Misalnya snack yang pas untuk bekal kegiatan outdoor. Anda bisa menggunakan media seperti pohon dan tanah dan foto di luar ruangan. Hal tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan kalau snack tersebut cocok dan pas untuk kegiatan outdoor dan untuk bekal saat bepergian.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan mengenai seluk beluk produk. Misalnya untuk produk makanan seperti permen. Anda bisa berkreasi dan harus menonjolkan kilau dari produk tersebut. Dengan begitu, produk akan terlihat menjadi lebih menarik dan menggoda selera untuk dicoba.

  • Komposisi Background

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan komposisi background yang Anda gunakan terutama ketika Anda menggunakan aksesoris tambahan. Misalnya foto produk makanan, posisikan aksesoris tambahan agar foto terlihat menarik.

Anda juga bisa membuat space yang dapat digunakan untuk menuliskan keterangan, menempatkan logo ataupun aksen yang lainnya. Dengan begitu, foto tetap terlihat fokus dan tidak terlalu ramai.

Selain 4 faktor dalam menentukan background foto produk, agar foto terlihat menarik, perhatikan juga mengenai angle pengambilan gambarnya dan pencahayaannya ya.