Others

Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal yang Tepat untuk Karya Ilmiah

Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal yang Tepat untuk Karya Ilmiah

Dalam setiap penulisan karya ilmiah, mencantumkan referensi pendukung adalah hal yang wajib. Selain buku dan dari internet, referensi pendukung lainnya bisa didapatkan dari jurnal ilmiah. Namun tentunya mengutip referensi dari jurnal ilmiah punya trik dan caranya sendiri. Berikut ini tipis penulisan daftar pustaka dari jurnal yang perlu Anda ketahui.

  • Jurnal Cetak

Menulis daftar pustaka dari jurnal cetak tentunya berbeda dengan jurnal internet. Berikut ini format penulisan daftar pustaka jurnal cetak, nama belakang pengarang, singkatan nama depan pengarang. (Tahun publikasi). Judul jurnal. Nama jurnal, volume berisi nomor edisi dan issue halaman. Pada bagian akhir dilengkapi dengan (catatan: nama jurnal dan nomor edisi atau issue (volume) menggunakan cetak miring atau italic).

  • Jurnal dengan Nomor DOI

Berbeda dengan penulisan daftar pustaka jurnal cetak, pada penulisan jurnal dengan nomor D01 ini biasanya diambil dari halaman internet atau website tertentu. Berikut ini format penulisan daftar pustaka dengan nomor DOI. Nama belakang pengarang, singkatan nama depan pengarang. (Tahun jurnal tersebut dipublikasikan). Judul jurnal. Volume yang berisi nomor edisi atau issue, halaman pada jurnal yang dikutip. Alamat URL atau link lengkap dari website.

  • Jurnal yang Ditulis oleh Banyak Pengarang

Beberapa jurnal ditulis secara bersamaan oleh beberapa pengarang. Karenanya, menulis daftar pustaka dari jurnal tersebut formatnya berbeda dengan penulisan daftar pustaka dari jurnal internet maupun cetak.

Berikut ini penulisan daftar pustaka dari jurnal yang bisa Anda contoh. Nama belakang pengarang pertama, singkatan nama depan pengarang kedua, & nama belakang pengarang kedua, singkatan nama depan pengarang kedua. (Tahun publikasi jurnal). Judul. Nama jurnal secara lengkap. Volume yang berisi nomor edisi atau issues jurnal. Halaman jurnal artikel yang Anda kutip isinya.

Contoh daftar pustaka dari jurnal dengan banyak penulis ialah Rowlings, J.K., Ramin, S. M., Rush, A. J., Navarrete, C. A., Carmody, T., March, D., . . . Leveno, K. J. (2001). Onset serta Depresi Paca-Melahirkan dalam sistem kesehatan pusat. American Journal of Psychiatry, 158(11), 1856-1863. doi:10.1176/appi.ajp.158.11.1856.