Others

Manakah Yang Benar Antara Sosial Media Dan Media Sosial? Simak Pembahasannya Berikut Ini

Sosial Media Dan Media Sosial

Pada umumnya, kedua nama tersebut memiliki arti yang sama dengan jenis media sosial terbaik sama. Akan tetapi, meski memiliki arti yang sama, penyebutan dari kedua nama tersebut ada yang salah. Sosial media dan media sosial, manakah yang benar? Apakah kedua nama tersebut memiliki benar atau salah penyebutannya. Jika salah nama manakah yang salah? Jika anda ingin melihat pembahasannya yang seperti apa, mari kita simak pembahasannya yang ada dibawah ini.

Manakah yang Benar?..

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau sosial media dan media sosial biasanya sering digunakan pada saat ini dan menjadi nama yang populer. Sebenarnya ini merupakan kata untuk serapan secara informal yang berasal dari bahasa inggris. Hanya saja pada saat kata itu diserap, banyak orang yang akan salah mengartikan dan tidak memperhatikan strukstur kata yang ada di dalam bahasa Indonesia.

Dengan begitu ini akan membuat anda merasa bingung terhadap perbedaannya. Manakah yang benar? Dalam hal ini yang benar adalah media sosial. Kita lihat perbedaan dari kedua bahasa, seperti Indonesia dan Inggris. Dimana bahasa Inggris mempunyai struktur bahasa berbasis MD atau singkatan dari Menerangkan Diterangkan.

Arti dari MD adalah apabila ada sebuah kata benda dan juga kata sifat, maka penyebutannya akan didahulukan oleh kata sifatnya untuk menerangkan. Dan kemudian akan disusul oleh kata benda yang berfungsi untuk diterangkan.

Gimana mengerti dengan bahasanya? Jadi gini, jika anda belum mengerti dengan apa yang dimaksud diatas, anda dapat melihat beberapa contohnya yang seperti Red Car, Prety Girl, Smart People atau nama-nama lain sebagainya.

Berbeda dengan bahasa Indonesia, dimana ini mempunyai landasan struktur berbeda. Dalam hal ini, bahasa Indonesia berbasis DM yang berasal dari singkatan Diterangkan Menerangkan. Yang artinya, apabila ada sebuah kata benda maupun kata sifat, kata yang harus didahulukan adalah sebuah kata bendanya untuk diterangkan. Lalu akan disusul oleh kata sifat untuk menerangkan.

Jika kita ambil contoh yang seperti red car dalam bahasa Inggrisnya, maka ini akan diubah hingga menjadi mobil merah ke dalam bahasa Indonesia dan bukan merah mobil. Sama halnya dengan orang pintar maupun gadis cantik. Perhatikan kalau kata gadis (menerangkan) menjadi kata yang terlebih dahulu disebutkan, sedangkan kata cantik (diterangkan) menjadi kata yang berikutnya.

Dalam bahasa Inggris, maka kata pretty (menerangkan) menjadi sebuah kata yang didahulukan daripada kata girl (diterangkan). Perhatikanlah dengan apa yang sudah dijelaskan diatas sehingga anda tidak bingung untuk menentukan mana yang benar atau yang salah.

Jadi, Manakah yang Benar, apakah Sosial Media atau Media Sosial?

Dilihat dari pembahasan yang sudah ada diatas, mungkin anda sudah ada bayangan dari nama sosial media dan media sosial antara mana yang benar dan mana yang salah. Jika di dalam bahasa Inggris itu social media, maka di dalam bahasa Indonesia akan diartikan sebagai media sosial. Media merupakan kata diterangkan yang harus disebutkan lebih dulu daripada sosial adalah menerangkan.

Jadi, anda dapat sosial media dan media sosial yang benar adalah nama media sosial. Memang pada umumnya, banyak orang yang sudah menjadi kebiasaan dengan penyebutan sosial media meski salah penyebutannya. Ubahlah kebiasaan ini dengan penyebutan media sosial (yang benar) dan bukan sosial media (yang salah).