website

Apa itu Link dan Istilah yang Kerap Digunakan di Website?

Apa itu Link dan Istilah yang Kerap Digunakan di Website?

Untuk menghubungkan antara halaman yang satu dengan halaman yang lain, digunakan suatu penghubung yaitu link. Dari pengertian tersebut, Anda sudah tahu bukan dengan apa itu link?

Jika dijabarkan, link merupakan pranala yang merujuk atau menuju ke halaman acuan atau penjelasan dari halaman utama. Jadi, ketika text atau gambar yang sudah diberi link tersebut diklik, maka akan menuju ke halaman rujukan atau acuan.

Istilah dalam Link

Dalam mengaplikasikan apa itu link dalam suatu website, ada beberapa istilah yang berkaitan dengan link, yaitu:

  • Shortlink

Link ini menggunakan karakter yang lebih pendek sehingga memudahkan pengguna, baik Anda atau orang lain untuk mengetikkan dan mengaksesnya sendiri. Untuk membuat link pendek ini, maka Anda harus mengubah tautan tersebut dengan menggunakan tools lain misalnya bitly.

  • Safelink

Link jenis ini adalah link pengaman yang biasanya lebih panjang karena menggunakan kombinasi antara huruf dan angka. Tujuannya adalah untuk mengamankan akses yang tidak diizinkan. Walaupun begitu, ada banyak penyedia yang memasukkan konten iklan sebelum masuk ke tautan utama.

  • Link Not Found
Apa itu Link dan Istilah yang Kerap Digunakan di Website?
Apa itu Link dan Istilah yang Kerap Digunakan di Website?

Link not found atau 404 error biasanya muncul karena penulisan link yang kurang tepat. Misalnya seharusnya menulis angka 3 tapi, Anda menuliskan angka 8. Biasanya, notifikasi ini muncul ketika Anda menggunakan link panjang dan penulisan atau link harus ditulis secara manual.

  • Broken Link

Istilah ini mengacu pada tautan yang sudah dihapus atau tautan yang diakses tidak benar. Jadi, link tujuan yang Anda gunakan tersebut menjadi tidak valid.

  • Spam Link

Spam link biasanya terjadi karena Anda menggunakan secara berlebihan dan menyalahi aturan dari platform yang Anda gunakan. Misalnya di platform A, link eksternal maksimal hanya 5 per halaman artikelnya namun Anda menggunakan 10 link.

Link tersebut akan dianggap spam yang bisa mengganggu lalu lintas pengguna. Bahkan tidak menutup kemungkinan link Anda akan dilaporkan karena spam dan mendapatkan hukuman atau penalti tertentu.

  • Backlink

Rekomendasi rujukan dari web lain ke web yang Anda miliki. Backlink ini digunakan untuk kepentingan optimasi SEO sehingga meningkatkan traffic dan kredibilitas dari website Anda.

  • Link Building

Proses untuk mendapatkan backlink dari halaman asal ke website Anda. Dengan begitu, website Anda akan terindeks dan skor website Anda akan semakin bagus sehingga website Anda banyak dicari lewat mesin pencari.

  • Link Internal

Jenis link ini menghubungkan antara halaman satu dengan yang lainnya dalam 1 website. Misalnya dari halaman ini ke situs website freelancer yang sama-sama ada di halaman website Orestimusic.

  • Tautan Eksternal

Link atau tautan ini berasal dari halaman website Anda ke halaman atau website lainnya. Tujuannya untuk memberikan acuan atau untuk memperjelas isi artikel Anda dan meningkatkan score domain website.

Jadi, sudah tahu ya apa itu link dalam dunia website. Semoga dengan informasi ini Anda sudah tidak bingung lagi dan artikel ini bermanfaat untuk Anda.